Manfaat Asuransi Mobil

Apakah Anda masih ragu untuk membeli asuransi mobil? Jika iya maka Anda harus tahu dulu apa saja manfaat dari asuransi mobil itu sendiri. Kalau Anda tidak ingin rugi di masa mendatang maka membeli asuransi mobil adalah hal wajib yang harus Anda lakukan. Coba tanya ke teman-teman Anda, apa saja keuntungan yang mereka dapatkan saat membeli asuransi mobil sejak awal.

Memang masih banyak orang yang menganggap jika membeli asuransi mobil sangatlah membuang-buang uang. Padahal jika mereka tahu manfaat yang bisa diperoleh saat membeli asuransi mobil maka mereka tidak akan berpendapat demikian. Lalu apa saja manfaat asuransi mobil yang bisa Anda dapatkan? Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Membantu untuk mengatur keuangan dimasa depan

Kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda, namun kebutuhan dimasa depan tentu akan semakin banyak. Dengan membeli asuransi mobil saat ini maka Anda juga bisa mengatur keuangan di masa mendatang. Setiap orang tentu saja memiliki dana darurat yang disimpan dan akan digunakan ketika ada keperluan mendesak.

Daripada menggunakan dana darurat untuk memperbaiki mobil, maka dana darurat ini bisa Anda pakai untuk hal yang lain. Keadaan ini bisa Anda dapatkan jika sejak awal membeli asuransi untuk mobil Anda. Perlu Anda tahu jika asuransi mobil tidak hanya penting untuk mobil baru saja namun juga penting untuk mobil bekas.

2. Kerugian karena pencurian mobil bisa di minimalisir

Manfaat kedua dari membeli asuransi mobil adalah bisa untuk meminimalisir kerugian akibat pencurian mobil. Ini karena ketika mobil Anda dicuri maka Anda bisa mengajukan klaim untuk mobil Anda tersebut. Sehingga kerugian yang Anda rasakan tidak terlalu besar karena mendapat uang tambahan untuk membeli mobil baru.

Namun jika Anda tidak membeli asuransi maka Anda tidak bisa mendapatkan dana klaim kehilangan mobil. Biasanya besar kecilnya dana klaim asuransi akibat kehilangan mobil ini tergantu jenis mobil Anda yang hilang. Semakin mahal harga mobil maka dana klaim kehilangan juga semakin besar. Apalagi yang hilang adalah mobil baru maka jumlahnya akan lebih besar dari mobil bekas.

3. Bisa mengalihkan tanggung jawab ke pihak ketiga

Pernahkah Anda mengalami kecelakaan dimana Anda pihak yang disalahkan? Jika pernah tentu saja Anda tahu besaran biaya yang harus dikeluarkan jika menabrak seseorang. Dengan membeli asuransi mobil maka Anda bisa mengalihkan tanggung jawab ini ke pihak asuransi yang Anda miliki. Jadi seluruh biaya ganti rugi nantinya akan di bayarkan oleh pihak asuransi.

4. Memperbaiki mobil tanpa biaya

Kerusakan yang terjadi pada mobil tentu tidak bisa diprediksi. Bahkan hal ini bisa terjadi ketika Anda sedang tidak memegang uang sama sekali. Jika Anda memiliki asuransi mobil maka hal ini bukan masalah besar untuk Anda.

Sebab jenis asuransi all risk akan menanggung semua kerusakan mobil, mulai dari kerusakan yang ringan hingga kerusakan mobil yang parah. Sehingga Anda tidak merasa cemas jika mobil Anda rusak sewaktu-waktu.

5. Pilihan asuransi yang beragam

Manfaat lain dari asuransi mobil adalah adanya pilihan jenis asuransi yang bisa Anda tentukan sendiri. Jika ingin mendapat asuransi untuk kerusakan penuh maka gunakan asuransi mobil all risk. Namun jika ingin mendapat asuransi saat mobil rusak total saja gunakan asuransi TLO (Total Loss Only).

Dari manfaat asuransi mobil diatas, masih yakin Anda tidak ingin membeli asuransi untuk mobil Anda? Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dimasa depan jika membeli asuransi mobil mulai sekarang.