Keunggulan Konsumsi Susu Formula Bubuk Dibandingkan Susu UHT Untuk Anak

Manakah yang lebih baik, susu formula atau susu UHT? Dalam masa tumbuh kembang anak, pemberian susu memang bukan hal yang asing. Susu seringkali ditambahkan dalam menu makanan anak karena mengandung kebaikan nutrisi dalam mendukung tumbuh kembang anak. Dalam memudahkan konsumsi susu untuk anak sendiri susu dikemas dalam bentuk bubuk instan ataupun UHT yang siap konsumsi. Beberapa gerai jual Nutrilon Royal sebagai salah satu produk susu bubuk instan untuk anak.

Susu formula bubuk dan susu UHT memiliki penampakan yang berbeda. Dimana susu formula sendiri masih harus menambahkan air hangat untuk bisa diseduh dan dikonsumsi. Sedangkan susu UHT sendiri sudah siap konsumsi tanpa perlu ribet dan repot. Susu UHT sendiri merupakan susu sapi murni yang diproses dan dikemas sehingga mudah dikonsumsi anak langsung. Meskipun demikian, susu formula bubuk pda gerai yang jual Nutrilon Royal banyak dipilih masyarakat.

Baik susu formula maupun susu UHT sama – sama mengandung nutrisi kebaikan untuk tumbuh kembang anak dan banyak toko khusus anak yang jual Nutrilon Royal yang merupakan susu bubuk instan. Kedua jenis susu ini dibedakan atas proses produksi dan juga pengemasan produk. Susu formula cenderung bisa dikonsumsi seluruh usia sesuai keterangan usia dalam kemasan. Namun, susu UHT tidak bisa dikonsumsi segala usia terlebih untuk bayi. Mengapa demikian? Berikut ulasan kelebihan susu formula bubuk dibandingkan UHT :

1. Bisa dikonsumsi anak bayi

Pada beberapa bayi, ada kondisi khusus yang mengharuskan mereka mengonsumsi susu formula dibandingkan ASI. Dalam kondisi ini, susu formula bubuk direkomendasikan dibandingkan UHT. Hal ini dikarenakan tekstur susu formula lebih identic dengan ASI dibandingkan susu sapi murni. ASI sendiri mengandung 90% air sehingga sedikit agak kental. Selain itu, susu formula cenderung tinggi whey protein yang bisa diformulasikan sehingga mendukung kebutuhan nutrisi anak dan bisa diserap cepat tubuh anak.

Bisa dikatakan susu formula diformulasikan mirip ASI sedangkan UHT tidak bisa diformulasikan teksturnya karena murni dari sapi. Sehingga tidak bisa dikonsumsi anak usia dibawah 1 tahun.

2. Lebih kaya nutrisi dibandingkan susu UHT

Susu UHT lebih kaya nutrisi dibandingkan dengan susu bubuk instan. Dimana susu UHT sendiri mengandung nutrisi dari sapi asli karena mengandung susu sapi murni setengahnya. Sementara susu bubuk kaya akan nutrisi karena mengalami proses fortifikasi atau penambahan nutrisi lainnya sehingga produknya kaya nutrisi dibandingkan UHT. Meskipun melalui proses pemanasan yang menyebabkan kerusakan nutrisi namun, susu formula bubuk melalui proses fortifikasi sehingga nutrisinya tetap terjaga.

3. Menjaga sistem cerna anak

Susu formula bubuk bisa dimodifikasi bentuk dan kandungannya. Dimana susu formula bubuk tersedia dalam bentuk PHP yang lebih mudah dicerna tubuh. Selain itu, susu formula sendiri biasanya ditambahkan probiotik ataupun serat pangan yang bisa menyehatkan sistem cerna dan membantu mengatasi sembelit. Susu UHT sendiri cenderung jarang menambahkan serat pangan dalam produknya sehingga dibutuhkan bantuan konsumsi sayuran dan buah yang cukup untuk penyeimbang.

Beberapa susu UHT yang bisa didapatkan saat beli perlengkapan bayi sendiri cenderung mendapatkan penambahan gula sehingga bisa berimbas pada kesehatan anak.