Fungsi Mesin Creasing Dan Jenisnya!

 

Mesin creasing merupakan mesin yang punya fungsi penting dalam dunia percetakan. Mesin ini mampu membuat lekukan sempurna pada cetakan undangan apapun box pembungkus makanan. Tentu saja setiap undangan yang dicetak bagian tekukannya tidak dibuat secara manual, karena tentu saja hasilnya tidak akan rapi dan sempurna.

Karena dalam pembuatan tekukan yang rapi dan juga presisi pada tiap lembar cetakan undangan. Misalnya dibutuhkan bantuan mesin yang namanya mesin porforasi atau creasing ini.

Fungsi Mesin Creasing

Mesin Creasing secara luas punya beberapa fungsi, tidak hanya digunakan untuk melipat ataupun memecah. Sebagai berikut.

  1. Memberikan tekukan yang lebih rapi dan presisi serta akhlak untuk pembuatan dokumen seperti katalog, undangan hingga box pembungkus yang dibuat dari kertas.
  2. Mesin ini punya fitur yaitu membuat garis putus-putus pada kertas. Seperti garis sobekan pada tiket dan karcis ataupun invoice.
  3. Mesin juga punya fungsi rotary blade yang mampu memotong pinggiran kertas lebih rapi. Tentu saja kemampuan tersebut tidak terdapat pada semua tipe mesin hanya tipe-tipe mesin creasing tertentu saja.

Jenis Mesin Creasing

Mesin porforasi ini umumnya punya dua tipe yakni mesin manual dan juga mesin otomatis.

  • Mesin manual, untuk mesin manual tentu saja dioperasikan secara manual dengan jumlah kertas yang bisa ditekuk cukup terbatas. Aku kan dia juga masih membutuhkan bantuan tenaga manusia namun dari segi harga lebih terjangkau. Mesin ini sangat cocok untuk industri percetakan dalam skala kecil.
  • Mesin otomatis, yang kedua ada mesin otomatis yang tentu saja semua pekerjaannya bisa dikerjakan oleh mesin. Mampu menekuk kertas dalam jumlah banyak dan secara otomatis. Mesin dilengkapi dengan komponen penekan yang bisa menciptakan lakukan sesuai kebutuhan. Untuk hasil dari penekukan dengan mesin ini lebih banyak dan performanya juga lebih bagus namun dijual dengan harga yang lebih mahal. Sangat cocok untuk percetakan dalam skala besar.

Cara Kerja Mesin Creasing

Perlu diketahui bahwa mesin ini punya prinsip kerja yang hampir sama baik jenis manual dan otomatis. Keduanya punya komponen penekan yang bisa menciptakan lipatan sesuai kebutuhan.

Untuk mesin manual cara kerjanya yaitu mengatur dengan rapi posisi creasing dan juga disesuaikan dengan lempengan aluminium pada tempatnya sesuai ukuran kertas yang digunakan. Kertas diposisikan harus sama ukurannya dengan margin setelah itu handle ditekan agar bisa memulai proses creasing. Penting untuk mengatur kedalaman lipatan pada kertas dengan cara memutar handle.

Sementara pada mesin otomatis cara kerjanya hampir sama. Perbedaan terletak pada pengoperasiannya saja. Pada mesin manual dilakukan pengaturan ukuran dan kedalaman kertas secara manual. Sementara untuk mesin otomatis anda hanya tinggal memasukkan pengaturan yang ada pada panel kontrol dan mesin akan bekerja sendiri.

 

Itu tadi penjelasan seputar mesin creasing dan juga jenisnya yang sangat penting untuk dunia percetakan terutama untuk industri pembuatan undangan ataupun box kotak. Temukan mesin creasing terlengkap dan juga punya kualitas bagus hanya di Maxipro. Pada distributor mesin percetakan ini anda bisa menemukan mesin creasing perforasi manual dengan tiga jenis mata pisau. Sementara itu terdapat pula mesin digital berupa mesin creasing digital RD dengan dua jenis mata pisau yang mampu membuat lekukan sampai 50 lembar dalam hitungan menit.

Selain mesin jenis creasing ini, Anda juga bisa menemukan jenis mesin percetakan lainnya pada Maxipro. Lakukan pemesanan mesin percetakan yang ada di Maxipro langsung pada website resminya yakni Maxipro.co.id. Anda juga bisa menemukan katalog lengkap untuk mesin percetakan pada website tersebut.