Mengapa Harus Industri Pariwisata ?

 

 

Pariwisata adalah salah satu alat yang paling kuat – dan paling sering diabaikan – untuk mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial.

Pariwisata dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau jika Anda di Sumatera Utara bisa menggunakan layanan Sewa Bus Pariwisata Medan.  Layanan yang harus anda coba misalkan anda berminat untuk mengikuti program Tour Danau Toba. Berikut ulasan menarik mengapa harus Pariwisata ?

Pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan

Pariwisata adalah salah satu dari lima ekspor paling berharga di lebih dari 150 negara dan menempati urutan pertama di 60 negara. Industri menyumbang 10% dari semua kegiatan ekonomi di planet ini termasuk 1 dari setiap 10 pekerjaan. Kontribusi pariwisata terhadap PDB sangat tinggi di negara berkembang, di mana investasi yang masuk akal dan perencanaan yang cermat dapat menghasilkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan selama beberapa generasi.

Inklusivitas sosial, lapangan kerja, dan pengurangan kemiskinan

Pariwisata sering terjadi di daerah pedesaan dan daerah tujuan yang kurang berkembang di mana kemiskinan paling merajalela dan hanya ada sedikit alternatif ekonomi. Ini menghadirkan peluang unik bagi pariwisata untuk mengatasi pengurangan kemiskinan di masyarakat yang terpinggirkan, berkontribusi pada pengembangan infrastruktur penting, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong inklusivitas sosial.

Saling pengertian, perdamaian, dan keamanan

Sebagai sebuah industri, pariwisata mendobrak penghalang antara masyarakat dan mendorong pertukaran orang dan ide yang bebas dan terbuka. Pariwisata sering kali menjadi salah satu industri pertama yang muncul di wilayah pascakonflik. Diimplementasikan dengan hati-hati, pariwisata dapat berkembang di wilayah transnasional di mana industri lain berjuang.

Efisiensi sumber daya, perlindungan lingkungan, dan perubahan iklim

Pola cuaca yang tidak menentu, gletser yang mencair, gurun yang meluas, dan naiknya air laut mengancam akan mengganggu pariwisata dan mempengaruhi orang-orang dan tempat-tempat yang bergantung pada industri pariwisata. Namun, upaya kreatif untuk mengurangi kontribusi pariwisata terhadap perubahan iklim, serta strategi adaptasi yang efektif, dapat memastikan pendapatan pariwisata yang bertahan lama bahkan untuk destinasi yang paling rentan sekalipun.

Nilai budaya, keragaman, dan warisan

Ketika pariwisata menghormati warisan budaya, industri dapat memainkan peran yang kuat dalam melestarikan dan menghargai tradisi budaya yang berwujud dan tidak berwujud. Wisatawan bernilai tinggi saat ini mencari pengalaman budaya yang otentik, menciptakan insentif pasar untuk melindungi dan berbagi warisan budaya. Ketika dikembangkan dengan cermat, pariwisata melestarikan budaya yang beragam dan memastikan bahwa tradisi diteruskan ke generasi berikutnya.