4 Alasan Mengapa Sekolah Blended Learning Sangat Penting

Istilah sekolah online juga dikenal sebagai e-learning. Program ini belakangan menjadi perbincangan hangat di dunia pendidikan. Transisi dari sekolah offline ke e-learning membutuhkan banyak persiapan. Tidak sedikit juga yang menolak untuk menyelesaikan pembelajaran e-learning. Oleh karena itu, sekolah blended learning dapat menjadi solusinya.

Mengenal Metode Pembelajaran Blended Learning

Metode pembelajaran ini masih menggunakan pembelajaran tradisional tatap muka. Dalam pembelajaran ini, siswa dan guru belajar di kelas dengan menggunakan ceramah, tugas, diskusi, demonstrasi dan lainnya. Pada saat yang sama, mempromosikan otonomi belajar siswa melalui e-learning menggunakan media dan teknologi dan bisa belajar dimana saja.

Mengapa Blended Learning Dianggap Penting?

1. Menciptakan Pengalaman Belajar yang Interaktif

Dengan adanya akses Internet maka pastinya akan membuat segalanya lebih menarik. Media pembelajaran sekolah blended learning dapat disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing siswa. Sebagian orang lebih menyukai memahami materi pembelajaran berupa video ilustrasi, interaktif, penjelasan guru, membaca buku atau ebook, dan mendengarkan podcast.

Secara khusus, e-learning sekarang menawarkan banyak fasilitas pendidikan langsung, sesi langsung, dan obrolan online dengan guru dapat memungkinkan siswa untuk mendapatkan umpan balik langsung jika terjadi ketidakmampuan belajar tanpa harus bertemu di kelas. Namun guru diharapkan tetap standby dalam merespon dan menanggapi siswa sekolah

2. Pembelajaran Lebih Fleksibel

Keuntungan berikutnya dari sekolah blended learning adalah fleksibilitas. Siswa tidak harus datang ke kelas untuk belajar. Pembelajaran dapat diakses melalui internet. Hal ini memungkinkan siswa untuk dengan mudah memilih kapan dan di mana untuk belajar. Hal ini memungkinkan siswa untuk merasa lebih nyaman ketika dapat belajar pada waktu dan tempat yang dianggap efektif.

3. Pembelajaran Lebih Efektif

Semua tahu bahwa metode belajar itu berbeda denga tatap muka. Beberapa orang lebih suka belajar di tempat yang tenang, sementara yang lain perlu menggunakan musik atau belajar di malam hari atau di pagi hari. Dengan metode ini, siswa sekarang dapat mengatur waktu belajarnya sendiri. Selain itu, siswa dapat mengontrol kecepatan belajarnya agar pembelajaran lebih efektif.

4. Hemat dan juga Efisien

Hal menarik berikutnya elain efektif adalah pembelajaran dengan cara ini juga lebih efisien. Selain membantu menghemat waktu karena siswa tidak perlu pergi ke mana pun untuk belajar, siswa bahkan tidak perlu membayar untuk pergi ke sekolah. Namun, siswa harus tetap standby didepan smartphone ataupun laptop saat jam sekolah blended learning

Banyak keuntungan yang bia didapatkan dari sitem pembelajaran ini. Dengan begini siswa akan tetap bisa memahami perkembangan teknologi dan tahu bagaimana langkah untuk memanfaatkannya dengan baik. Keberadaan pembelajaran blended learing ini dapat dikatakan sebagai metode pembelajaran yang dapat menutupi kekurangan sekolah offline.

Jika Anda menginginkan pendidikan terbaik untuk buah hati Anda, maka jangan ragu untuk menempatkan mereka di ke Sekolah Murid Merdeka.