5 Rumah Sakit Dengan Program Bayi Tabung Terbaik

Mencari rumah sakit yang memiliki pelayanan bayi tabung terbaik merupakan hal yang banyak dilakukan oleh pasangan suami istri jika pasangan tersebut belum dikaruniai seorang anak setelah bertahun-tahun pernikahan mereka. Pasalnya, masalah infertilitas ini adalah masalah yang juga seringkali dialami oleh banyak pasangan suami istri di tanah air. Program tersebut juga bisa dilakukan di klinik maupun rumah sakit bayi tabung di Indonesia atau juga di luar negeri seperti di Malaysia atau Thailand. Dilansir dari PERFITRI yang merupakan kepanjangan dari Perhimpunan Fertilisas In Vitro Indonesia dalam kurun waktu 6 tahun dari tahun 2009 sampai tahun 2015, rata-rata praktik bayi tabung di dalam negeri sudah bertambah 65% setiap tahunnya. Dimana program bayi tabung paling banyak dilakukan oleh pasangan dengan usian dibawah 35 tahun, dengan besar presentase 48,85% . Lalu di urutan kedua, ada kelompok usia 35 hingga 40 tahun sebesar 38%, lalu sisanya yaitu 13,15% dilakukan oleh mereka yang usianya lebih tua dari 40 tahun. Sebenarnya, jika semakin muda seseorang melakukan program bayi tabung, maka peluang keberhasilannya juga akan semakin besar dengan tingkat rata-rata keberhasilan mencapai 30,17%. Tapi, mereka yang usianya di bawah 35 tahun memiliki tingkat keberhasilan terbesar sampai 36,9% jika dibandingkan dengan yang usianya di atas 42 tahun, dimana peluang berhasilnya hanya 6,4%. Berikut ini beberapa rumah sakit bayi tabung di Indonesia, selain FERINA Hospital yang bisa Anda kunjungi:

1. Siloam Hospital Lippo Village

Rumah sakit yang satu ini merupakan rumah sakit cabang siloam yang pertama yang memperoleh akreditasi dari JCI selama empat kali beruntun serta memperoleh akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit sehingga rumah sakit ini banyak direkomendasikan untuk menjalani program bayi tabung.

2. OMNI Hospital Pulomas

OMNI Hospital Pulomas ini berada di Jakarta Timur dan sudah terakreditasi secara internasional oleh Joint Commission International. Sesuai dengan namanya, rumah sakit ini merupakan salah satu cabang jaringan dari OMNI hospital. Di dalam OMNI Hospital Pulomas, terdapat OMNI Fertility Centre yang merupakan sebuah klinik bayi tabung. Klinik ini juga mempunyai dokter yang sudah berpengalaman dalam bidang inseminasi buatan dan juga dalam bidang bayi tabung. Dan salah satunya ialah dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG (K). Dr. Caroline Tirtajasa sendiri pernah membantu dalam menyukseskan program inseminasi buatan bayi kembar tiga pada tahun 2013 lalu.

3. Siloam Hospital Surabaya

Siloam Hospital Surabaya sudah berdiri selama 20 tahun. Cabang Siloam yang satu ini juga cukup populer untuk program bayi tabungnya. Cabang siloam surabaya juga sudah memperoleh banyak penghargaan yang bergengsi misalnya seperti penghargaan Asia Pacific Hand Hygiene Excellence Award yang diberikan oleh WHO, serta penghargaan Asia Pacific Society of Infection Control. Proses bayi tabung di rumah sakit yang satu ini membutuhkan waktu kurang lebih sebulan dengan biaya sekitar 46 juta rupiah untuk IVF, namun untuk biaya inseminasi buatan hanya berkisar 4 sampai 8 juta rupiah.

4. Morula IVF

Morula IVF merupakan klinik bayi tabung favorit untuk banyak pasangan suami istri yang ingin mengikuti program bayi tabung. Meskpuni biaya program bayi tabung di klinik yang satu ini bisa dibilang lebih mahal jika dibandingkan dengan rumah sakit bayi tabung lainnya yang ada di Jakarta, tapi Klinik Morula IVF juga menawarkan pemeriksaan yang komprehensif serta lengkap sebelum pasien mulai melakukan program bayi tabung. Untuk biaya program bayi tabung di Klinik Morula IVF ini berkisar Rp 60 juta-Rp 70 juta per programnya. Meski terlihat agak mahal, tapi biaya tersebut juga masih lebih murah jika dibandingkan dengan program bayi tabung yang ada di luar negeri. Dan hingga kini, sudah lebih dari 1000 pasangan suami istri berhasil melakukan program bayi tabung melalui Klinik Morula IVF, termasuk para selebritis tanah air.

5. RS Family Pluit

RS Family Pluit ini berada di Jakarta Utara serta mempunyai Klinik Family Fertility Centeryang dikhususkan untuk menangani program bayi tabung serta inseminasi. Untuk biaya bayi tabung di Rumah Sakit ini berkisar Rp 20 juta sampai Rp 60 juta. Bisa dibilang, harga terseb