Berikut Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur!

Sayuran merupakan salah satu sumber makanan yang punya kandungan gizi baik untuk tubuh. Oleh karena itu, sejak kecil anak harus dibiasakan makan sayur. Bagaimana cara mengatasi anakĀ  susah makan sayur?

1. Kreasikan Menu Masakan

Ada banyak jenis sayur yang bisa diolah menjadi menu makanan lezat sehingga disukai anak. Banyak anak yang tidak menyukai sayur karena rasanya, oleh karena itu harus dikreasikan dengan masak beragam menu agar anak menyukai rasa sayur.

2. Padukan Dengan Menu Favorit

Jika anda bukan orang yang piawai memasak, maka cara mengatasi anak susah makan sayur adalah dengan memadukan sayuran dengan menu favorit. Misalnya Anda bisa padukan bayam rebus dengan nugget atau ayam goreng.

3. Beritahu Manfaat Sayur

Anda bisa juga mencoba untuk mengajarkan anak tentang manfaat sayuran untuk kesehatan tubuh. Misalnya dengan memberitahukan pada anak bahwa sayuran punya manfaat untuk melancarkan pencernaan sehingga harus dikonsumsi secara rutin. Jadi ketika Anda masak sayur kentang dan wortel, beritahukan anak apa saja manfaat kedua sayuran ini untuk tubuh.

4. Masak Bareng

Agar semakin seru, Anda bisa mengajak anak untuk memasak sayur bersama. Masak menu makanan bersama anak bisa membantunya untuk jauh lebih tertarik pada hasil masakan yang diolah sendiri. Bahkan Anda juga bisa libatkan anak saat membeli sayur dan perbolehkan anak memilih jenis sayuran yang menurutmu menarik.

5. Contohkan Kebaikan Makan Sayur

Orang tua bisa jadi contoh bagi anak untuk rajin makan sayur. Daripada hanya menyuruh anak makan, anda bisa mengajak anak makan bersama. Hal ini bisa menjadi cara jitu untuk mengajarkan pada anak rutinitas makan sayur.

Makan bersama juga bisa menjadi ajang pendekatan orang tua pada anak. Terlebih bagi anda yang punya banyak kesibukan diluar rumah.

Jadi itu tadi beberapa cara mengatasi anak susah makan yang bisa anda coba lakukan dirumah secara mandiri. Cukupi nutrisi anak, dengan konsumsi sayur dan juga buah setiap harinya. Anda juga perlu mensiasati kecukupan nutrisi anak dengan menu sayur dan buah dengan jenis yang berbeda-beda.