cara menentukan biaya les privat per hari

Cara Menentukan Biaya Les Privat Per Hari– Dengan menentukan biaya les privat per hari, dengan mempertimbangkan jadwal les. Seperti yang Anda ketahui, les privat memang memiliki keunggulan dalam hal fleksibilitas waktu. Anak dan orang tua dapat menentukan waktu belajar sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Demikian juga durasi pertemuan dapat diatur sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Semakin lama durasi pelajaran yang diinginkan, tentunya semakin tinggi biayanya. Di sini guru privat juga bisa meminta biaya tambahan jika jadwal pelajaran dilakukan hingga malam hari atau masuk ke jam lembur. Berikut cara menentukan Biaya Les Privat Per Hari.

Sistem pembayaran

Meskipun biasanya biaya les privat dihitung per pertemuan, tidak menutup kemungkinan jika Anda juga ingin menghitung biaya les berdasarkan paket. Cara penentuan biaya les privat ini biasanya dipilih oleh orang tua yang sudah sesuai dengan tenaga pengajar dan ingin anaknya mendapatkan jadwal les yang lebih padat. Sebab, dengan jadwal pertemuan yang lebih sering dan lebih lama, biaya paket bulanan atau tahunan cenderung lebih terjangkau.

Mata Pelajaran

Saat anak Anda masih duduk di bangku sekolah dasar, Anda mungkin disarankan untuk mengikuti les privat dengan paket yang lengkap. Artinya, satu guru dapat mengajar beberapa mata pelajaran sekaligus. Hanya saja, ketika siswa sudah memasuki jenjang pendidikan SMP, SMA atau Perguruan Tinggi, materi untuk setiap mata pelajaran akan lebih kompleks. Sehingga guru privat yang digunakan juga harus spesial. Dan perlu Anda ketahui, biaya untuk setiap guru dari setiap mata pelajaran akan berbeda-beda.

Transport

Karena les privat umumnya diadakan di rumah masing-masing siswa, maka guru membutuhkan biaya transportasi yang terkadang tidak sedikit. Apalagi jika jarak antara rumah guru dengan siswanya relatif jauh.

Jadi, selain menentukan biaya pokok, ada baiknya orang tua siswa juga memperhitungkan biaya transportasi. Jangan sampai besarnya SPP yang diterima guru tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan untuk kebutuhan transportasi.

Begitulah cara menentukan biaya les privat. Tentunya nominal pasti yang harus dibebankan kepada wali murid dan akan diterima oleh guru akan sangat fleksibel. Jadi jangan menggeneralisasi biaya les privat dan beberapa poin di atas bisa dijadikan patokan untuk menentukan biaya yang sesuai.

Demikian penjelasan saya tentang cara menentukan biaya les privat per hari semoga bermanfaat, terima kasih.