Daya Tarik Wisata Unik Di Karanganyar, Solo, De Tjolomadoe

Solo atau Surakarta tak melulu soal kotanya, namun juga kabupaten yang ada di sekitar kota tersebut. Kabupaten Karanganyar, jadi rumah untuk De Tjolomadoe, sebuah objek wisata yang merupakan ‘daur ulang’ bangunan tua pabrik gula yang ada di sana. Tak hanya menawarkan arsitektur kuno yang menarik untuk difoto, tempat ini juga memiliki banyak daya tarik wisata untuk Anda yang ingin berkunjung.

Membawa konsep museum namun memiliki banyak aktivitas interaktif di dalamnya, De Tjolomadoe menjelma jadi satu daya tarik wisata Karanganyar. Meski sebelumnya Kabupaten Karanganyar juga sudah cukup terkenal dengan wisata alamnya, pendirian dan pengembangan bekas pabrik gula ini ternyata membawa dampak signifikan untuk industri pariwisata di sana.

Bekas Pabrik Gula Kuno yang Disulap Jadi Wisata Edukatif

Awalnya, tempat ini merupakan pabrik gula terbesar di kawasan Asia yang sudah berdiri sejak tahun 1861. Dengan nama Pabrik Gula Colomadu, perusahaan ini terus berkembang. Namun beberapa puluh tahun yang lalu kemudian operasionalnya berhenti, dan bangunan yang ada menjadi tidak digunakan lagi.

Salah satu BUMN kemudian berusaha ‘menghidupkan’ kembali Colomadu dengan menjadikannya museum. Resmi diganti dengan nama De Tjolomadoe, kini bangunan ini merupakan museum yang menawarkan wisata edukasi untuk pengunjung yang datang ke sana. Tentu, bangunan utama dan mesin-mesin besar dipertahankan guna menjaga keaslian dan rasa otentik dari lokasi ini.

Banyak pengetahuan yang bisa didapatkan dengan kunjungan Anda ke De Tjolomadoe suatu saat nanti. Mengenai sejarah pabrik gula, produksinya yang masif, serta perkembangannya dari masa ke masa. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk berkunjung ke sana dan mengetahui proses pembuatan gula hingga sampai ke rumah Anda.

Spot Foto Instagramable? Tak Perlu Ragu!

Kunjungan wisata tentu tak akan lengkap tanpa urusan foto-foto bukan? Mengingat De Tjolomadoe adalah bangunan kuno yang memiliki arsitektur klasik, maka Anda tak perlu repot mencari spot foto yang unik dan keren ketika diunggah ke media sosial Anda.

Terlebih, kecantikan bangunan ini juga dipadukan dengan peralatan yang masih diletakkan di sana sama seperti ketika pabrik gula Colomadu masih beroperasi. Jadi, Anda tinggal pandai-pandai saja memanipulasi cahaya dan sudut pengambilan gambar. Dalam waktu singkat, dijamin galeri Anda akan dipenuhi foto-foto keren yang Instagramable!

Lokasi De Tjolomadoe

Tentu, untuk berkunjung ke sana Anda perlu paham benar dimana lokasi musem pabrik gula ini. Dengan mengetahui lokasinya, Anda bisa menentukan mana jalan yang paling efektif untuk berwisata ke sana.

Lokasi museum ini adalah di Jalan Adisucipto Nomor 1, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Anda bisa dengan mudah menemukannya di layanan peta online di smartphone Anda. Cukup ketikkan nama museum ini, dan Anda akan bisa melihat rute tercepat ke lokasi tersebut.

Untuk mencapai De Tjolomadoe, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau kendaraan umum yang tersedia di Karanganyar. Mulai dari bis, kereta, hingga layanan ojek online, semua bisa digunakan untuk mendatangi lokasi ini. Namun demikian, lebih disarankan menggunakan mobil pribadi agar lebih leluasa dan aman di perjalanan, terlebih jika Anda ingin berkunjung di masa pandemi.

Tiket Terjangkau untuk Semua Orang

Karena merupakan tempat wisata dan museum umum, maka terdapat tiket yang harus dibayar ketika Anda ingin berkunjung dan masuk ke dalamnya. Tak perlu cemas, hanya dengan tiket seharga Rp.35.000 saja Anda bisa menikmati keindahan dan nuansa klasik yang ditawarkan di musim ini dari pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB di hari Selasa dan Rabu. Sedangkan di hari Kamis hingga Minggu, jam operasionalnya adalah 11.00 WIB hingga 20.00 WIB. Hari senin dan hari libur lainnya De Tjolomadoe tidak beroperasi.

DI dalam museum unik Tjolomadoe Anda bisa menikmati berbagai kegiatan. Sekedar melihat-lihat dan menikmati suasana museum yang masih terasa otentik, menikmati pameran di luar ruangan yang secara berkala diadakan, bersantai dan jalan-jalan di sekitar komplek De Tjolomadoe, hingga berburu foto-foto keren di sana. Maka pastikan baterai smartphone atau kamera Anda penuh, agar tak kehilangan momen berharga dan unik ketika berkunjung ke sana.

Kreativitas dan kepekaan terhadap potensi yang dimiliki Karanganyar, jadi kunci pengembangan pariwisata kawasan ini. Didukung dengan kondisi alam yang sangat banyak potensinya, Karanganyar, Solo, bisa jadi salah satu destinasi menarik untuk kunjungan Anda suatu saat nanti. Tentu saja, ke depan diprediksi juga akan banyak objek wisata yang bermunculan dengan memanfaatkan apa yang ada di sana.

De Tjolomadoe menjadi salah satu bukti bahwa bangunan tua atau kuno bisa diolah kembali menjadi satu objek yang sangat menarik. Dengan sedikit sentuhan kreativitas dan bumbu marketing yang tepat, objek-objek wisata  baru bisa terus bermunculan. Tentu saja, Anda bisa menemukan banyak informasi menarik seperti ini di situs resmi Indonesia Travel. Artikel menarik terkait wisata di seluruh Indonesia bisa Anda temukan, dan akan jadi bahan berguna menyusun agenda liburan Anda. Segera kunjungi situs Indonesia Travel, dan rencanakan liburan Anda sekarang juga!