Ide Dekor Ruang Tamu Minimalis yang Bisa Anda Terapkan

Ruang tamu adalah salah satu ruang terpenting yang ada dalam sebuah rumah. Tempat ini digunakan untuk menyambut para tamu atau kerabat yang berkunjung ke rumah.  Ruang tamu yang nyaman akan memberikan kenyamanan kepada tamu yang datang maupun penghuni rumah tersebut. Oleh karena itu  dekor ruang tamu menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung gaya dari ruangan atau rumah hunian.

Dekor ruang tamu minimalis merupakan salah satu dekor ruang tamu yang paling digemari walaupun dalam mendekorasinya cukup sulit untuk dilakukan, seperti ruang yang cukup sempit, dana yang sedikit, penempatan barang-barang yang harus tepat dan masih banyak lagi. Namun dengan penataan yang baik, ruang tamu minimalis akan memberikan rasa nyaman dan membuat semua orang yang berada di dalamnya menjadi betah.

Supaya Anda tidak mengalami kebingungan dalam dekorasi ruang tamu minimalis, berikut ide yang dapat Anda terapkan.

1. Gunakan Warna Netral

Minimalis merupakan penggunaan unsur-unsur yang sederhana dan multifungsi untuk mendapatkan kesan yang sederhana. Dalam hal dekorasi ruangan, dekorasi minimalis berarti penggunaan komponen-komponen sederhana termasuk warna-warna  komponen tersebut. Ketika mendekorasi ruang tamu minimalis gunakan warna yang cerah namun tidak mencolok seperti putih, abu-abu, monokrom atau warna pastel. Sehingga ruang tamu Anda tidak terlihat mencolok dan ruang tamu terasa nyaman jika dilihat.

2. Perabot Multi Fungsi

Kembali ke arti minimalis adalah penggunaan unsur-unsur yang sederhana dan multifungsi untuk mendapatkan kesan terbaik maka jika perabot yang digunakan di ruang tamu merupakan perabot yang multifungsi, maka Anda sudah menerapkan desain minimalis itu sendiri. Sebagai contoh, kursi atau sofa yang dapat dijadikan tempat penyimpanan buku atau barang lainnya yang bisa dijadikan sekat atau pembatas ruangan. Perabot multifungsi memiliki berbagai keuntungan, diantaranya adalah tidak terlalu banyak makan tempat sehingga ruangan tidak kelihatan sempit. Selain itu dengan penggunaan perabot multifungsi tentu akan menghemat pengeluaran Anda.

3. Percantik dengan Tanaman Hias

Dengan warna ruang tamu yang netral maka tanaman hias yang ada di ruang tamu akan menimbulkan kesan yang sejuk dan asri di ruang tamu Anda. Warna pot yang netral dan warna tanaman hias yang hijau, akan memberikan kesan yang lebih minimalis lagi di ruang tamu Anda.

4. Gunakan Karpet

Karpet merupakan salah satu dekorasi ruang tamu minimalis yang low budget. Keberadaan karpet akan membuat ruang tamu Anda terkesan hangat dan nyaman. Pemakaian karpet juga akan membuat ruang tamu terlihat lebih cantik. Selain itu dengan pemakaian karpet, Anda dan tamu yang datang bisa duduk di bawah apabila ingin suasana yang lebih santai. Salah satu jenis karpet yang banyak digunakan adalah karpet bulu, selain bahannya yang lembut harganya juga terjangkau.

5. Manfaatkan Dinding

Dinding di ruang tamu bisa dimanfaatkan dari segi keindahannya, dari segi fungsionalnya ataupun keduanya. Misalnya dengan memanfaatkan dinding ruang tamu sebagai tempat menyimpan buku. Atau dengan menempel hiasan dinding seperti keramik, lukisan, jam dinding atau foto-foto yang diberi bingkai sehingga semua ruang dapat dimanfaatkan dengan baik termasuk dinding di ruang tamu.

Demikian tadi beberapa ide yang sekiranya dapat Anda terapkan dalam dekor ruang tamu. Jangan segan untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman dalam dekorasi ruang tamu. Atau Anda juga bisa menggunakan jasa layanan dekor ruang tamu yang sekarang sudah banyak bermunculan. Apabila Anda menggunakan internet maka Anda dapat klik Sejasa.com, aplikasi yang banyak melayani kebutuhan masyarakat. Temukan berbagai jasa layanan kebutuhan Anda hanya di Sejasa.com