Imun Tubuh Adalah Sistem pertahanan tubuh

Berbicara mengenai imun tubuh, maka imun tubuh adalah sebuah sistem yang memiliki fungsi sebagai pertahanan tubuh dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, parasit serta hal-hal lainnya. Sistem ini sendiri memang memiliki peran penting dan disebut demikian karena sistem imunitas akan meningkatkan respon perlindungan ketika mendeteksi patogen seperti bakteri, virus, ataupun parasit didalam tubuh. Saat tubuh merasakan zat asing yang disebut sebagai antigen maka sistem kekebalan akan bekerja untuk mengenali antigen tersebut dan memusnahkannya.

Peran penting Imun tubuh pada manusia

Karena memiliki peran penting, imun tubuh memiliki dua sel yang berperan dalam imunitas. Kedua sel tersebut adalah fagosit dan limfosit yang mana keduanya sama-sama dari sel darah putih atau yang juga disebut sebagai leukosit. Sedangkan Fagosit terdiri atas beberapa jenis yaitu neutrofil, monosit, makrofag, dan juga sel mast. Adapun untuk limfosit, memiliki tugas untuk membantu tubuh karena patogen berjaga jika tubuh kembali diserang oleh patogen tersebut. Sedangkan untuk limfosit yang hidup dan berkembang di sumsum tulang disebut sebagai limfosit B. Limfosit B ini akan menghasilkan antibodi dan membantu meningkatkan limfosit T sementara limfosit T menghancurkan sel-sel yang rusak didalam tubuh dan mengingatkan leukosit lainnya.

Jenis-jenis imun pada tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa imun tubuh adalah sebuah sistem yang akan melindungi tubuh dari hal-hal luar yang bisa membuat tubuh sakit. Terkait dengan jenis, imun tubuh memiliki tiga jenis imunitas yaitu imunitas bawaan, imunitas pasif, dan imunitas adaptif. Imunitas bawaan ini dibawa manusia sejak lahir sebagai bentuk perlindungan umum. Sistem kekebalan ini akan menyerang benda asing di garis depan termasuk penghalang eksternal tubuh. Imunitas pasif ini juga merupakan imunitas yang dipinjam dari sumber lain dan tidak bertahan selamanya. Kekebalan ini melalui ASI atau transfer antibodi ibu ke bayi melalui plasenta.

Sedangkan untuk imunitas adaptif yaitu imunitas yang terbentuk saat seseorang terserang penyakit atau melakukan vaksinasi. Pada kondisi ini, tubuh manusia akan membangun sekumpulan antibodi yang bertugas melindungi dan menyerang patogen. Imunitas adaptif juga dikenal sebagai memori imunologis karena sistem kekebalan kita mengingat musuh sebelumnya. Jika anda ingin meningkatkan imun, maka mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi sangat penting. Bagi anak-anak, mereka juga perlu mengkonsumsi susu sebagai sumber gizi tambahan mereka dan meningkatkan imun.

Salah satu produk susu untuk meningkatkan imun tubuh adalah Nutren Junior. Hal ini disebabkan karena pada produk ini terdapat protein whey yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara merangsang pembentukan glutamin, yaitu bagian penting dari proses fungsi imun. Dengan mengkonsumsi susu ini, maka kekebalan imun bisa meningkat karena hasil glutathione yang bertambah.