Jenis dan Ukuran Kertas HVS yang Perlu Anda Ketahui

Kertas adalah bahan utama yang digunakan untuk mencetak naskah atau dokumen. HVS menjadi salah satu jenis kertas yang paling sering digunakan dan banyak tersedia di jasa cetak. Ada beberapa jenis dan ukuran kertas HVS yang perlu Anda ketahui sebagai referensi.

Jenis Ukuran Kertas HVS

Kertas HVS memiliki karakteristik warna yang putih bersih, tekstur halus, dan tipis. Ukuran kertas HVS yang tersedia di jasa cetak buku terpercaya pun cukup beragam dan Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Ukuran B

Ukuran kertas HVS B sangat cocok untuk anak desain maupun jurnalistik. Karena jenis kertas ini biasa digunakan untuk media cetak seperti lukisan dinding atau poster besar. Sehingga detail gambar daninformasi yang ingin disampaikan lebih terlihat jelas.

2. Ukuran C

Setiap ukuran biasanya memiliki fungsi yang berbeda, termasuk ukuran C. Jenis kertas ini sering dijadikan sebagai amplop, kartu pos, dan map yang ukurannya terbilang kecil.

3. Ukuran F

Tentu tidak asing lagi dengan jenis kertas dengan ukuran F ini. Salah satu ukuran yang paling populer dan sering digunakan adalah F4. Ukuran ini merupakan transisi yang umum digunakan di Indonesia dan wilayah Asia Tenggara lainnya.

Sangat cocok digunakan untuk mencetak surat tugas, proposal kerjasama, katalog produk, buku materi pelajaran, dan lain sebagainya.

4. Ukuran R

Bagi yang sering mencetak foto tentu tidak asing lagi dengan kertas berukuran R. Sesuai peruntukannya, ukuran ini sering digunakan untuk mencetak foto dan Anda bisa menentukan mulai dari ukuran paling kecil, sedang, hingga besar.

5. Ukuran A

Jenis kertas HVS dengan ukuran A adalah yang paling sering digunakan untuk keperluan umum. Mulai dari A1, A3, A4, A5, dan seterusnya. Perbedaan dari setiap kode tersebut terletak pada detail ukuran panjang kali lebarnya.

Berbagai jenis dan ukuran kertas HVS yang banyak beredar di pasaran tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Tentu sangat penting untuk menyesuaikan dengan jenis dokumen apa yang akan dicetak.