Pengertian E-Bisnis

E-Bisnis Adalah

Pengertian E-Bisnis adalah aktivitas bisnis yang dilakukan dengan elektronik dengan sistem otomatis atau semi otomatis, dengan e-bisnis ini maka perusahaan bisa berkomunikasi dengan data internal dan eksternal lebih efisien.

Sid L. Huff, dkk Di dalam buku berjudul Cases In Electronic Commerce – McGraw-Hill dijelaskan bahwa E-bisnis adalah hal yang dilakukan dengan teknologi informasi dan komunikasi dalam melakukan kegiatan bisnis antar organisasi ke customer.


Tujuan E-bisnis

Tujuan utama dari e-bisnis ini adalah untuk mendukung efisiensi pengelolaan data, keuangan, SCM, dan juga sebagai sarana di dalam komunikasi serta informasi kepada publik yang berbasis internet. Nah oleh karna berbasis internet ini maka segala sesuatu itu bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun selagi terhubung dengan internet.


Manfaat e-bisnis

Tentu e-bisnis ini memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya :

  1. Memperluas Pasar
  2. Menekan Biaya
  3. Mass Customization
  4. Meningkatkan Produktivitas
  5. Internetworking
  6. Jual Beli jadi lebih mudah

Jenis E-bisnis

ada beberapa jenis dari e-bisnis ini diantaranya :

B2C (Business to Consumers) > merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen, hal ini berguna di dalam memenuhi kebutuhan tertentu dan disaat tertentu.

B2B (Business to Business) > merupakan suatu sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis maupun transaksi dengan secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin serta di dalam kapasitas produk yang besar.

C2C (Consumer To Consumer) > merupakan suatu sistem komunikasi serta juga transaksi bisnis antar konsumen di dalam memenuhi suatu kebutuhan tertentu serta disaat tertentu.


Model E-Business

  1. Virtual Storefront
  2. Marketplace Concentrator
  3. Information Broker
  4. Transaction Broker
  5. Electronic Clearinghouses
  6. Reverse Auction
  7. Digital Product Delivery
  8. Content Provider

Strategi taktis untuk sukses dalam e-Business

  1. Fokus
  2. Banner
  3. Ciptakan 2 level afiliasi
  4. Manfaatkan kekuatan e-mail
  5. Menulis artikel
  6. E-Marketing

Jadi kesimpulan yang bisa diambil adalah e-bisnis adalah suatu model bisnis berbasis teknologi yang membantu dalam pengelolaan data internal dan eksternal serta  mempermudah dalam transaksi dan komunikasi kepada publik secara luas dan dapat diakses kapan pun dan dimana pun asal memiliki koneksi internet.

Sumber : Pendidikanku