Pentingnya Pengolahan Air Sehari-hari

Air adalah sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup di Bumi. Air memegang peranan penting dalam kehidupan kita dan kita semua bergantung padanya sehingga sehingga pengolahan air perlu dilakukan dengan baik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan air untuk minum, memasak, mencuci, dll.

Air harus memenuhi kriteria 3b yaitu tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak beracun. Air minum juga merupakan kebutuhan pokok bagi fungsi tubuh dan kegagalan mengkonsumsi air minum bersih dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan kematian.

Pentingnya Air Bagi Tubuh

Kita tahu bahwa kehidupan tidak dapat bertahan lama tanpa air. Terutama manusia membutuhkan air untuk menopang kehidupan. Karena kita tahu bahwa 70% dari tubuh kita adalah air. Menurut penelitian, manusia hanya dapat hidup selama 7 hari tanpa makan dan hanya 3 hari tanpa minum. Kita sebagai manusia juga perlu dalam menjaga kebersihan lingkungan agar tidak mencemari air di lingkungan yang juga akan berdampak pada kehidupan kita.

Di sini kita dapat melihat bahwa air minum sebenarnya merupakan kebutuhan terpenting yang dibutuhkan tubuh kita untuk bertahan hidup. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak masalah muncul sebagai akibat dari tindakan manusia yang mengganggu berbagai cara pengolahan air minum di lingkungan.

Berbagai isu terkait sanitasi dan keamanan air minum yang buruk antara lain dengan semakin banyaknya tindakan yang kita lakukan saat ini termasuk pencemaran air, penipisan sumber air, air bersih menjadi komoditas mahal, musim menjadi tidak menentu lagi, limbah industri mencemari sumur, dll, kita perlu perhatian khusus pada kebersihan dan keamanan minum. Mengabaikan keamanan dan kemurnian air minum di lingkungan akan menjadi masalah besar bagi semua makhluk hidup, terutama manusia.

Hal ini juga disebabkan oleh polusi dan pencemaran air. Pencemaran air adalah masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lain ke dalam air, yang mengakibatkan rusaknya kualitas air. Saat ini banyak air minum yang tidak memenuhi standar baik kualitas maupun kuantitas yang menjadi masalah yang sangat penting jika tidak tersuplai dengan baik.

Dari segi kualitas, banyak jenis air minum yang saat ini tidak memenuhi standar konsumsi yang memadai sedangkan dari segi kuantitas, air minum yang relatif bersih tidak dapat lagi memenuhi permintaan yang terus meningkat. Hal ini dikarenakan air tidak hanya digunakan sebagai air minum, tetapi juga sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan.

Ciri-ciri air minum yang bersih yaitu tidak berbau, bebas dari polutan, memiliki kadar oksigen tinggi, memiliki pH yang normal, tidak berwarna / jernih / tidak keruh. Tentu saja untuk mendapatkan air minum ini, dibutuhkan pengolahan air yang tepat dan juga cukup memakan proses yang panjang hingga mampu menghasilkan air yang layak minum.

pengolahan air penting dilakukan bukan hanya untuk diminum namun juga untuk kebutuhan lain sehari-hari.