Pesona Wisata Di Sukoharjo, The Heritage Palace yang Unik!

Pesona wisata tak hanya berpusat pada kota-kota besar seperti Yogyakarta dan Solo saja, namun juga tersebar hingga ke daerah lebih kecil seperti Sukoharjo. Ya, Sukoharjo memiliki objek wisata unggulan, dengan nama The Heritage Palace. Bangunan megah, antik, dan sangat estetik ini awalnya adalah pabrik gula, yang sudah berhenti beroperasi.

Mungkin Anda akan langsung teringat dengan De Tjolomadoe yang berada di Karanganyar, yang juga merupakan pabrik gula. Namun The Heritage Palace ini memiliki nuansa yang berbeda, sehingga dijamin Anda akan tetap menikmati setiap sudut bekas pabrik ini.

Tanpa berpanjang lebar, mari mengulik lebih dalam mengenai objek wisata andalan Sukoharjo ini!

Mulanya adalah Pabrik Gula Gembongan

The Heritage Palace bermula dari sebuah pabrik gula dengan nama Pabrik Gula Gembongan. Didirikan sejak tahun 1892, setidaknya ada 9 bangunan dengan cerobong asap yang nampak sangat estetis, dan mengingatkan kita semua pada bentuk kastil di film-film atau di Eropa. Tahun 1920, Pabrik Gula Gembongan kemudian direnovasi dengan konsep Art Deco, yang membuat tembok bagian depan ditinggikan hingga seperti sekarang ini.

Waktu berganti, kepemilikan pabrik ini juga terus berpindah. Akhirnya Pabrik Gula Gembongan tutup pada tahun 1981, dan kemudian baru dirombak menjadi museum dan objek wisata pada tahun 2000-an. Setelah menjadi The Heritage Palace, tempat ini resmi dibuka pada tahun 2018 lalu dengan membawa konsep museum edukatif.

Tapi Apa Menariknya Museum Bekas Pabrik Gula Ini?

Segudang daya tarik disiapkan untuk pengunjung yang singgah ke museum ini. Tentu, membawa tema utama museum edukatif, banyak hal bisa diketahui dan disajikan dengan terbuka di sini.

Mulai dari struktur bangunan yang memang sudah indah dan unik, dengan tembok tinggi, cerobong menjulang, serta arsitektur kuno yang artistik, tentu bisa jadi latar belakang selfie yang sangat bagus. Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana seperti sedang di Eropa, namun tentu dengan suhu udara Sukoharjo.

Selain bangunan pabrik atau The Heritage Palace yang unik, Anda juga akan disajikan pemandangan indah dari deretan mobil klasik yang dijejerkan di sana. Mobil-mobil klasik ini merupakan koleksi dari Museum Transportasi, yang sengaja dipamerkan agar bisa dinikmati pengunjung yang datang ke sana. Tak main-main, mobil-mobil ini benar-benar memiliki nilai sejarah. Misalnya seperti Dodge tahun 1948 yang pernah jadi tunggangan Presiden Soekarno, atau mobil pemadam kebakaran antik produksi tahun 1963. Semua mobil ini hadir dengan kisahnya masing-masing.

Selain deretan mobil antik, Anda juga bisa mencoba beberapa wahana yang ada di sana. Omah Kwalik, memungkinkan Anda berfoto dengan hasil yang terbalik atas dan bawahnya, kemudian Garden Retro paradise, Museum Industri, dan berbagai macam atraksi dan wahana lain. The Heritage Palace juga indah ketika malam, manakala lampu-lampu mulai dinyalakan di seluruh areanya.

Dengan Semua yang Ditawarkan, Ini Lokasinya

Nah, jika Anda mulai tertarik dengan wahana dan pesona yang ditawarkan The Heritage Palace, Anda bisa segera berkunjung ke tempat ini. Anda bisa menuju ke Jalan Permata Raya, Dukuh Tegalmulyo, Pabelan, Kertasura. Tentu saja, Anda bisa menggunakan kendaraan umum untuk mencapainya, atau dengan lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi.

Jika Anda malas mencarinya di penunjuk jalan, maka Anda bisa dengan mudah membuka peta online yang Anda miliki. Jika dilihat dari pusat kota Solo, jaraknya hanya sejauh 9 kilometer saja, atau 21 menit jarak tempuh. Tak terlalu jauh bukan untuk pesona wisata unik dan seru ini? Jika sudah mendekati lokasi, tinggal tanyakan saja pada warga sekitar.

Detail Jam Operasional dan Harga Tiket The Heritage Palace

Mungkin tak sedikit dari Anda yang berpikir, dengan megahnya bangunan dan wahana yang ada di dalamnya, tiket masuk lokasi ini akan sangat mahal. Tapi tahukah Anda jika harga tiket masuk ke The Heritage Palace hanya sebesar Rp.25.000 saja untuk setiap orangnya?

Well, tiket ini memang belum termasuk harga karcis setiap wahana yang disediakan. Namun untuk ukuran tempat wisata yang megah, lengkap, dan kaya informasi seperti ini, harga tiket tersebut tentu sangat terjangkau. Jika Anda ingin menggunakan tiket terusan, harga yang dipatok adalah Rp.55.000 saja. Ingat, harga ini adalah harga pada weekdays.

Mulai buka pukul 09.00 WIB dan tutup pada pukul 18.00 WIB, penjualan tiket terakhir akan dilayani pada pukul 17.00 WIB.

The Heritage Palace, menjadi salah satu daya tarik wisata dan unggulan dari Sukoharjo, Solo. Dengan sentuhan kreativitas dan dukungan banyak pihak, lokasi ini bisa tersaji dan dikunjungi oleh semua orang. Tentu saja, tempat ini wajib jadi daftar tempat yang wajib dikunjungi ketika Anda ke Solo suatu saat nanti. Sementara menunggu pandemi berakhir, Anda bisa menyusun rencana liburan dengan banyak informasi menarik seperti ini di Indonesia Travel. Situs lengkap dan padat informasi, semua artikel dijamin akan jadi materi sempurna untuk mengisi itinerary Anda guna liburan suatu saat nanti.