Resiko Mudik dengan Mobil Pribadi

Mudik dengan mobil pribadi memang menjadi pilihan yang banyak disukai. Dengan membawa mobil pribadi, Anda bisa leluasa berkunjung ke sanak saudara dengan mobil yang Anda bawa. Tetapi, ada sejumlah resiko yang juga perlu Anda pahami dalam memilih perjalanan luar kota di saat padat semacam ini.

Pahami Resiko Mudik dengan Mobil Pribadi

Ada sejumlah resiko yang perlu Anda pahami sejak awal Anda memulai perjalanan ketika Anda memilih mudik dengan mobil pribadi. Adapun resiko resiko tersebut antara lain adalah :

Terjebak macet dalam waktu lama

Sebaik apapun jalur mudik yang saat ini sudah disediakan pemerintah, resiko macet tetap sulit untuk sepenuhnya Anda hindari. Jadi Anda tetap beresiko untuk menghadapi macet baik itu hanya singkat atau malah macet panjang.

Pada kondisi demikian, Anda harus waspadai kondisi kendaraan overheat. Ini bisa memicu kerusakan bahkan kebakaran pada mesin mobil. Waspada juga dengan rasa kantuk pada supir yang sudah tentu bisa menyebabkan kendaraan mengalami kecelakaan.

Melaju terlalu kencang di jalur bebas hambatan

Ini juga kondisi yang kadang tidak sempat Anda sadari. Anda memilih mudik dengan melalui jalur tol atau bebas hambatan. Jalur ini biasanya dibuat lurus, mulus dengan jalur yang sangat luas. Sehingga membuat Anda leluasa mendorong kecepatan dengan maksimal namun tetap nyaman.

Tanpa Anda sadari kendaraan sudah melaju dengan sangat kencang melebihi kecepatan yang biasa Anda gunakan. Pada saat seperti ini, kecelakaan akan rentan sekali terjadi. Bisa jadi ada kendaraan lain yang menyalip atau rem mendadak di dekat Anda. Reflek Anda belum tentu cukup cepat untuk menyikapi kondisi mengejutkan ini.

Kerusakan dalam jalur sepi

Mobil Anda bisa jadi mengalami gangguan ban yang bocor, mesin overheat atau gangguan lain di jalur yang cenderung sepi. Ini akan menyulitkan Anda untuk mendapatkan pertolongan yang cepat.

Karenanya sangat penting untuk Anda memiliki perangkat reparasi dasar di dalam mobil supaya Anda bisa melakukan tindakan cepat pada kendaraan Anda. Sebaiknya Anda menguasai teknik dasar penggantian ban dan cara mengatasi overheat supaya situasi ini bisa tertangani dengan cepat.

Untuk memaksimalkan keamanan Anda dalam perjalanan mudik, pastikan Anda mengantungi asuransi all risk saat mudik dengan mobil pribadi. Ini akan membantu Anda terakses dengan layanan bengkel 24 jam serta jaminan pertanggungan untuk kecelakaan dan kerusakan dalam perjalanan.