Rincian Modal Usaha Barber Shop

Jika memiliki keahlian dalam potong rambut mungkin bisa mengganjal usaha barber shop. Yap, usaha tersebut memang sedang hits saat ini. Namun, tidak ada salahnya mencoba peruntungan dalam bisnis satu ini. Apabila tertarik dengan bisnis ini, berikut ada rincian modal usaha barber shop yang bisa dijadikan referensi. Mari, simak saja penjelasannya di bawah ini!

1. Pilih Lokasi

Lokasi yang strategis merupakan cara jitu agar usaha tersebut memiliki pelanggan. Begitu juga dengan modal usaha barber shop ini, pemilik dapat menyewa tempat usaha dengan harga yang miring. Pilihlah tempat dengan harga sewa paling tidak Rp 800.000/bulan, jangan memilih tempat dengan sewa tahunan. Lebih bagus lagi jika memiliki rumah dengan lokasi strategis, pemilik tidak perlu mengeluarkan biaya sewa lagi.

2. Belilah Perlengkapan

Perlengkapan di toko juga menjadi hal yang sangat penting untuk dibeli, biasanya untuk modal usaha barbershop membeli perlengkapan toko bisa mencapai angka Rp 1.000.000 hingga lebih. Belilah perlengkapan yang penting saja, seperti kursi pelanggan, meja rias, kaca, serta bisa juga dengan tambahan kursi untuk menunggu.

3. Belilah Peralatan

Selain perlengkapan, pemilik usaha juga wajib membeli peralatan yang digunakan untuk memotong rambut. Mulai dari mesin cukur, handuk kecil, handuk besar, sisir, gunting, serta peralatan untuk mencukur lainnya. Jika ingin membeli semua peralatan dengan lengkap, diprediksi akan menghabiskan dana sebanyak Rp 2.000.000.

Info Lainnya : Kata Kata Promosi Barbershop yang Unik dan Menarik

4. Biaya Promosi

Pada awal sebuah usaha pasti membutuhkan promosi yang bagus agar memiliki sejumlah pelanggan. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, misal dengan membuat iklan di sosial media. Pemilik usaha bisa juga membuat sebuah banner besar yang dipajang di depan toko agar orang yang lewat dapat melihatnya. Untuk biayanya berkisar akan menghabiskan dana Rp 100.000

5. Perlengkapan Tambahan

Pemilik usaha juga perlu menyimpan sebagian uangnya untuk membeli perlengkapan tambahan yang tidak akan terduga lainnya. Apalagi, di masa seperti sekarang ini pemilik harus membeli perlengkapan protokol kesehatan. Pemilik dapat membeli masker pelindung mulut, cairan hand sanitizer, sabun cuci tangan cair, dan lain perlengkapan lainnya. Diprediksi akan mengeluarkan biaya sebanyak Rp 300.000 untuk membeli semua perlengkapan itu.

Dari semua rincian modal usaha barbershop di atas, paling tidak pemilik usaha harus mempunyai modal sebesar Rp 5.000.000 pada awal merintis. Apalagi, belum ditambah dengan biaya yang tidak terduga lainnya. Pemilik harus menyiapkan dengan matang agar tidak terjadi salah perhitungan.

Dapatkan artikel lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com